Manfaat Camilan Sehat Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Balita

Dokter anak di Blitar - Usia balita adalah masa untuk anak belajar mengenal beragam makanan yang baru. Para orang tua memiliki andil yang penting guna memilih dan memilah berbagai makanan yang baik dan tepat untuk buah hatinya. Selain makanan utama, buah hati juga membutuhkan camilan sehat untuk balita. 


Makanan selingan ini penting untuk tumbuh kembang balita. Sebab itu, Bunda perlu memberikan berbagai jenis camilan sehat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Selain itu, ada alasan lain mengapa anak usia lima tahun ke bawah sangat membutuhkan makanan sampingan. Ayo simak penjelasan berikut ini, Bunda! 

Kapasitas lambung yang kecil

Balita memiliki lambung yang kecil dan belum mampu menampung banyak makanan dalam sekali konsumsi seperti orang dewasa. Sebab itulah, Bunda bisa memberikan makanan dalam porsi yang kecil, namun sering. Waktu makan tiga kali sehari tidak akan dapat mencukupi kebutuhan gizi pada anak. Sehingga, Bunda harus mulai mengatur porsi makannya secara baik. 

Memberi energi

Makanan selingan atau camilan yang sehat dapat memberikan energi dan gizi untuk tumbuh kembang balita. Selain itu, kesehatan si Kecil akan lebih terjaga. Pemberian camilan sehat sangat membantu memenuhi kebutuhan tubuh anak. Hal ini karena anak belum bisa makan utama dengan banyak. 

Menjaga anak tidak terlalu lapar

Memberikan camilan dapat membantu anak tidak terlalu lapar saat menunggu waktu makan utama. Hal ini akan menghindarkan balita tidak makan secara berlebihan ketika makan utama tiba. Dengan cara ini, porsi makan akan terkendali. Camilan sehat juga mencegah rasa bosan pada anak terhadap makanan sehari-hari. 

Camilan membantu memberi nutrisi tubuh

Camilan atau snack yang sehat dapat memberi tambahan nutrisi untuk tubuh anak. Apalagi, jika makan utamanya dinilai masih kurang mampu memenuhi kebutuhan gizi harian pada si Kecil. Meskipun, hanya camilan, tetapi orang tua harus tetap memperhatikan kandungan nutrisi dalam makanan. Karena makanan ini digunakan untuk mengganjal perut balita sebelum makan utama, maka menu yang disajikan harus kaya akan gizi penting bagi buah hati.

Demikianlah menurut dokter anak Blitar terbaik, manfaat camilan sehat yang harus Bunda ketahui. Kebiasaan dan pola makan akan sangat berpengaruh pada kesehatan anak. Jangan pernah bosan untuk selalu mengatur jadwal makan yang benar bagi anak. Berikan camilan balita yang sehat dan bergizi untuk tumbuh kembang buah hati lebih optimal. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!