Kenali dan Cegah Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Daftar Isi

Setiap orang tua pasti mengharapkan bayinya lahir dalam keadaan selamat dan juga memiliki berat badan yang ideal. Untuk itu setiap Bunda selalu diminta untuk menjaga asupan nutrisi selama mengandung si kecil.

Asupan nutrisi yang cukup ketika masa Bunda mengandung menjadikan nilai Indeks Massa Tubuh (IMT) bisa mencapai angka ideal. Dengan begitu peluang lahirnya si kecil dengan berat badan ideal bayi juga lebih besar.

Sebelum kita mengetahui cara mencegah berat badan lahir rendah, kita perlu mengetahui definisi berat badan lahir rendah terlebih dahulu. 

Definisi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Secara istilah berat badan lahir rendah adalah kondisi di mana bayi yang baru lahir memiliki berat badan di bawah berat badan standar, yaitu berkisar antara 2,7 kg sampai 4 kg. Tidak selalu terjadi pada bayi prematur, BBLR juga bisa terjadi pada bayi dengan kehamilan normal.

Terdapat beberapa ciri bayi dengan BBLR, diantaranya yaitu bentuk fisik yang lebih kecil daripada bayi pada umumnya dan juga ukuran kepala yang tidak proporsional dengan badannya.

Penyebab dari BBLR sendiri ada beragam. Beberapa diantaranya adalah kurangnya asupan nutrisi Bunda selama masa kehamilan, kehamilan yang terjadi di saat Bunda berusia sangat remaja atau juga bunda yang sedang mengalami masalah kesehatan saat hamil. 

Penanganan Bayi BBLR

Penanganan pada bayi dengan berat badan lahir rendah ada beberapa tahapan diantaranya perawatan khusus secara intensif di ruang neonatal intensive care unit atau nicu dan juga pemberian ASI secara eksklusif.

Selain itu juga kind to skin atau kontak antara Bunda dan si kecil. Pada saat tersebut si kecil akan mendapatkan suhu yang lebih hangat dari Bunda. Langkah selanjutnya adalah observasi atau pemantauan secara rutin, mulai dari warna kulit, suhu dan pernapasan.

Pencegahan Terjadinya BBLR

Ketika melihat penyebab BBLR adalah dari kurangnya asupan gizi pada Bunda, maka salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah yaitu dengan pemenuhan kebutuhan gizi.

Pencegahan lain yang bisa dilakukan oleh Bunda yaitu rutin mengecek kehamilan ke dokter dan juga rutin menjaga kebersihan diri. Hal lain yang bisa dilakukan adalah top mengkonsumsi alkohol dan mengelola stres ketika masa kehamilan.

Begitulah penjelasan terkait BBLR. Bunda tidak perlu risau karena selama asupan nutrisi terpenuhi maka berat badan ideal bayi akan tercapai.

Hal yang tidak boleh dilewatkan juga adalah menjaga kebersihan si kecil dari kotoran dengan penggantian popok secara berkala. Adapun popok yang bisa direkomendasikan adalah produk dari Merries Premium Pants.

Produk Merries ini memiliki keunggulan daya serap yang tinggi dan lembut dipakai untuk si kecil. Bunda yang menginginkan produk ini bisa pesan di website Merries sekarang juga.

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink