Mitos atau Fakta: Terlalu Sering Digendong Menyebabkan Bayi Bau Tangan?

mitos atau fakta sering menggendong bayi membuat bayi bau tangan

Bayi umumnya akan sering menangis, sebab hal ini merupakan cara bayi untuk berkomunikasi. Si kecil ingin memberi tahu orang di sekitarnya bahwa dia sedang merasa lapar, haus, sakit, lelah, tidak nyaman atau sekadar bosan.

Ketika bayi menangis atau rewel, sebagai orang tua kita tentunya akan berusaha untuk menenangkan dengan beragam cara. Salah satu cara paling umum dan terbilang efektif adalah dengan menggendong bayi.

Namun, terlalu sering menggendong bayi dipercaya bisa membuat membuatnya tidak mau dibaringkan di tempat tidur. Bayi jadi manja dan hanya mau untuk selalu digendong. Di Indonesia sendiri, perilaku bayi seperti ini sering disebut dengan istilah bayi bau tangan.

Menggendong Terlalu Sering Tidak Membuat Bayi Bau Tangan

Benarkah bayi yang terlalu sering digendong akan membuat bayi jadi bau tangan? Itu tidaklah benar dan hanya mitos belaka. Orang tua bahkan dianjurkan untuk menggendong atau memeluk bayi sesering mungkin, terutama saat si kecil sedang rewel atau merasa kurang nyaman.

Bayi membutuhkan perhatian dari Ayah dan Bundanya melalui sentuhan langsung secara fisik, termasuk melalui gendongan. Sentuhan fisik pada bayi bisa memberikan stimulus yang baik bagi tumbuh kembang dan tingkat kecerdasannya kelak.

Kita juga dianjurkan untuk mengajak bayi berbicara saat menggendongnya. Tujuannya, untuk mengembangkan kemampuan si kecil dalam berbicara. Tidak hanya itu saja, menggendong bayi ternyata juga bisa memperkuat hubungan atau ikutan emosional dan mendukung interaksi antara bayi dan orang tuanya.

Bayi pun membutuhkan kehangatan dari pelukan orang tuanya agar merasa aman dan nyaman. Menggendong bayi sesering mungkin, terutama bagi prematur dengan metode perawatan kanguru terbukti bisa menghangatkan tubuh bayi, mengurangi tangisan, menstabilkan pernapasan dan detak jantung serta mendukung tumbuh kembang dan peningkatan berat badan bayi.

Jadi, sudah tahu ya jika istilah bayi bau tangan itu hanyalah mitos belaka. Justru, kita dianjurkan untuk menggendong bayi terutama ketika rewel atau merasa tidak nyaman. Cara lain yang bisa kita terapkan untuk menenangkan bayi di antaranya membaringkan bayi di kursi atau tempat tidur goyang, mengajaknya berjalan-jalan menggunakan stroller, dan masih banyak lagi.

Agar bayi tidak sering rewel akibat popoknya yang tidak nyaman, maka kita perlu menggunakan popok dari Merries. Daya serap yang tinggi membuat bayi jadi terhindar dari iritasi, ruam dan gatal. Sehingga, si kecil tidak sering rewel karena rasa tidak nyaman dengan popoknya.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman merries.co.id. Semoga bermanfaat, ya!