Mengulas Segudang Manfaat Virtual Account untuk Keberlangsungan Bisnis

Daftar Isi

Perkembangan dunia bisnis berbasis teknologi seperti bisnis online atau e-commerce memang sangat pesat di beberapa tahun terakhir ini. Bahkan, kita sudah mengenal virtual account yang biasanya berkaitan dengan proses tranasaki jual beli secara online.

Seiring dengan perkembangan bisnis online ini, sistem untuk proses transaksi jual beli menjadi semakin berkembang untuk memudahkan segala aktivitas bisnis. Saat ini, sistem pembayaran yang sedang ramai menjadi perbincangan dan sudah banyak perusahaan yang memanfaatkannya adalah virtual account.

VA atau virtual account sendiri merupakan nomor identitas pelanggan dari bank atas pemintaan suatu perusahaan guna mempermudah proses transaksi. Banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan ketika menggunkan VA ini untuk bisnis.

Apa sajakah manfaatnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini! 

Mengonfirmasi Pembayaran Secara Otomatis

Setiap transaksi yang terjadi melalui virtual account akan terindentifikasi dengan otomatis oleh sistem. Apabila kamu bertransaksi sebagai pelanggan, kamu tidak harus melakukan konfirmasi secara manual kepada penjual dengan mengunggah bukti transfer.

Hal ini karena sistem sudah mengidentifikasi dana yang sudah masuk dengan menggunakan nomor virtual account kamu. Apabila kamu transaksi sebagai penjual, maka kamu tidak perlu mengonfirmasi ulang transaksi yang pelanggan telah lakukan. 

Akun Bank Pelanggan Tidak Harus Sama Dengan Penjual

Virtual account memang tidak mengharuskan penggunananya memiliki akun yang sama untuk melakukan transaksi. Hal ini pasti sangat memudahkan para pengusaha online karena masih banyak pelanggan yang tidak mau mengeluarkan biaya tambahan untuk biaya transfer antar bank. Dengan metode VA, pelanggan bisa melakukan transfer dari bank apapun. 

Dapat Bermanfaat Sesuai Kebutuhan

Dalam hal ini, virtual akaun memiliki dua jenis, yakni virtual account statis dan virtual account dynamic. Virtual account static merupakan VA yang bermanfaat saat menginginkan nomor virtual account yang tetap untuk satu pelanggan bertransaksi berulang kali.

Hal ini berbeda dengan virtual account dynamic, VA dynamic bermanfaat saat kamu menginginkan nomor VA yang selalu berganti setiap melakukan transaksi atau single use. Tidak hanya itu, metode penerimaan nominal pun juga bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan.

Kamu bisa memilih nominal yang telah ditentukan oleh sistem atau nominal yang akan terisi bebas oleh pelanggan. 

Riwayat Transaksi

Biasanya, semua bank yang menyediakan layanan virtual account akan membuat rincian yang detail dan real time di rekening giro atas seluruh pembayaran melalui virtual account yang telah berhasil.

Nomor, nama akun, bank, hingga nominal bisa terlihat dan terunduh dalam bentuk laporan. Hal ini pasti sangat menguntungkan bagi kamu yang menginginkan akses laporan transaksi dengan jelas dan lengkap. 

Transfer Kapan Saja dan Di Mana Saja

Pastinya, layanan dengan virtual account ini bisa kita akses 24 jam dan di mana pun. Selama masih terkoneksi dengan jaringan internet, kamu bisa melakukan transaksi VA melalui m-banking atau i-banking. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk memudahkan transaksi keuangan bisnismu.

Bagi kamu yang menginginkan penggunaan virtual account untuk proses transaksi bisnis, kamu bisa menggunakan layanan dari Midtrans.

Payment gateway dari Midtrans tidak hanya memudahkanmu dengan berbagai metode pembayaran, namun juga memudahkanmu dalam proses integrasi dan mengaturnya.

Memilih metode pembayaran melalui virtual account adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin menciptakan transaksi mudah, cepat, dan aman. Pembayaran melalui VA ini bisa kamu lakukan melalui berbagai bank. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi midtrans.com.

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink