Makanan untuk Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 1 Tahun

Daftar Isi

Pada usia bayi yang memasuki satu tahun, tumbuh kembang bayi berlangsung sangat cepat. Ia sangat aktif berjalan, memegang benda, dan berbaicara. Tidak hanya menyusui bayi, Bunda juga perlu menyediakan makanan sehat untuk si Kecil.

makanan pendukung tumbuh kembang bayi usia 1 tahun

Ketika bayi berusia 1 tahun, Bunda bisa memberikan makanan dalam bentuk potongan kecil sehingga mudah bayi kunyah, telan, dan tercerna dengan baik.

Meskipun saat sudah usia ini buah hati sudah boleh mengonsumsi hampir semua jenis makanan. Akan tetapi, Bunda perlu memilih makanan yang sehat untuk tubuh bayi yang sedang masa pertumbuhan dan perkembangan.

Berikut ini daftar nama makanan yang bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi di usia 1 tahun. Simak ulasannya sampai akhir, ya!

Susu

Sejak lahir hingga umur dua tahun, sebaiknya Bunda tetap memberikan ASI. Akan tetapi, komposisi dan kualitas ASI sudah banyak berkurang sehingga si Kecil boleh menerima asupan tambahan.

Pilihlah susu yang mengandung berbagai macam nutrisi yang bermanfaat untuk anak seperti protein, fosfor, kalsium, vitamin, dan nutrisi lain yang telah terfortifikasi.

Pisang

Pisang merupakan makanan yang sangat cocok untuk bayi usia satu tahun. Pisang memiliki kandungan kalium yang berguna untuk menajga keseimbangan cairan dan sinyal saraf bayi.

Kemudian, ada vitamin B6 untuk membantu pertumbuhan sel baru dan mangan untuk menjaga kesehatan tulang maupun membantu proses metabolismenya. Selain itu, karbohidrat dalam pisang berbentuk pati, gula, dan serat. Gula alami ini berfungsi sebagai sumber energi untuk aktivitas bayi di masa tumbuh kembangnya.

Wortel

Wortel sudah terkenal mengandung vitamin A. Selain itu, masih banyak nutrisi pada wortel yang memiliki peran penting untuk tumbuh kembang bayi. Misalnya, wortel mengandung gula alami yang cukup tinggi, lho. Gula ini bisa menjadi sumber energi untuk bayi.

Tidak hanya itu, ada luteolin yang berperan untuk meningkatkan memori dan mencegah peradangan otak. Vitamin K juga berfungsi untuk memperkuat gigi dan tulang. Wortel juga mempunyai serat yang sangat baik untuk pencernaan dan mencegah bayi sembelit.

Nah, untuk menciptakan rasa nyaman saat buang air besar, Bunda bisa memilihkan popok dengan permukaan lembut dan pas dengan pinggang si Kecil seperti Popok Merries Skin Protection.

Popok Merries menjadi popok pertama di Indonesia yang mengandung ekstrak natural daun teh sehingga sangat higienis untuk si Kecil. Selain itu, daya serap yang cepat dan tinggi akan membuatnya kulitnya terhindar dari lembab.

Apabila Bunda ingin mengetahui informasi seputar kesehatan bayi, termasuk tips menyusui bayi. Bunda bisa mengunjungi merries.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink