Inilah 5 Cara Merawat Laptop Agar Awet

Daftar Isi

Cara Merawat Laptop Agar Awet
https://pixabay.com/id/photos/wordpress-ngeblog-menulis-mengetik-923188/

Laptop sudah menjadi sebuah alat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari karena semakin berkembangnya teknologi. Contohnya saja seperti digunakan untuk membuat tugas sekolah. Maka dari itu, perlu sekali untuk tahu cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak. 

Cara Merawat Laptop Agar Awet

Ada banyak fungsi lain yang bisa kita dapatkan ketika merawat laptop dengan baik. Contohnya perawatan laptop agar tidak lemot sehingga Anda bisa mendapatkan kinerja yang bagus setiap hari.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaiman cara merawat laptop agar awet dan memiliki kinerja yang baik.

Membersihkan Laptop Secara Rutin

Cara pertama agar laptop tetap awet adalah dengan membersihkannya secara rutin. Dengan demian, Anda akan menjaga performanya agar selalu stabil dan tahan lama. Karena bisanya debu yang menempel di keyboard atau port kecil-kecil pada laptop dapat mempengaruhi kinerja laptop yang lebih lambat.

Anda bisa membersihkan laptop dengan kain lap halus untuk membersihkan layarnya dan permukaan laptop. Sedangkan pada keyboard dan port-port kecil, Anda bisa membersihkannya dengan kuas berukuran kecil atau Anda bisa menggunakan mini vacuum cleaner.

Dilarang Meletakkan Laptop Secara Sembarangan

Hal yang tidak boleh dilakukan pada laptop ketika Anda sedang bepergian adalah membiarkannya mudah terkena benturan. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggunakan tas khusus yang bisa memuat laptop di dalamnya. Apabila Anda memakai tas tanpa bantalan khusus untuk laptop, maka akan memudahkan guncangan mengenai perangkat di dalamnya, seperti merusak harddisk.

Karena apabila harddisk mengalami kerusakan akibat guncangan atau benturan, maka program utama di dalam laptop dikhawatirkan akan ikut rusak. Kalau sudah begini, maka Anda harus membeli harddisk baru karena tidak bisa memulihkan data di harddisk lama.

Selain itu, tas khusus laptop biasanya juga memiliki perlindungan yang maksimal, karena bantalan yang ada akan membuat laptop tahan dari guncangan.

Lalu, sebaiknya jangan menaruh laptop di sembarang tempat. Karena bisa jadi tidak sengaja terinjak atau diduduki. Selain itu, di atas laptop sebaiknya tidak diberikan beban tambahan karena dapat merusak layarnya.

Karena salah satu cara menjaga layar laptop agar tidak glitch adalah dengan mengurangi beban di atasnya dan mengurangi efek benturan.

Usahakan Mencharger Laptop dalam Keadaan Mati

Ketika Anda akan mencharger laptop, sebaiknya dalam keadaan mati. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu memperhatikan kondisi baterai dalam menggunakan laptop Anda.

Selain itu, sebaiknya ketika mencharger, usahakan laptop tidak dalam keadaan baterai 0%. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada baterai laptop itu sendiri. Lalu, usahakan selama proses charger berlangsung, laptop dalam keadaan mati.

Tidak Memaksa Laptop Untuk Bekerja Berlebihan

Sebelum membeli laptop, usahakan Anda mengetahui spesifikasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Contohnya saja ketika Anda menyukai editing video, nge-game, atau membuat animasi, tetapi menggunakan laptop berspesifikasi kecil. Maka, akan membuat kinerja laptop berat dan cepat rusak.

Namun, apabila Anda menggunakan laptop berspesifikasi kecil hanya untuk bekerja di program seperti Microsoft Office saja, maka Anda tidak perlu khawatir mesin laptop akan panas dan korslet sewaktu-waktu.

Jadi, sebaiknya sebelum membeli laptop, kenali dulu kebutuhan sehari-hari Anda. Lalu, pelajarilah spesifikasi seperti apa yang dibutuhkan agar tidak mempengaruhi usia laptop.

Install dan Update Antivirus

Yang terakhir agar tetap menjaga laptop dengan baik adalah dengan menginstall antivirus dan selalu melakukan update terhadap virus jenis baru. Hal ini dilakukan agar ketika Anda terkena malware atau virus apa pun, laptop tidak mengalami kerusakan fatal karena dilindungi oleh antivirus tersebut.

Meski mudah, cara merawat laptop agar awet seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya cukup sulit dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, Anda harus mulai membiasakan diri sekarang agar laptop Anda usianya tahan lama.

Selain itu pilih laptop yang kuat dan punya millitary grade seperti laptop bisnis terbaik, salah satunya ASUS.

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink