Tips Mudah Melatih Anak Berpuasa Sejak Usia Dini

Daftar Isi

tips melatih anak berpuasa sejak dini

Inspiratips Media - Puasa Ramadhan sudah di depan mata. Meskipun buah hati Bunda belum mencapai akil baligh sehingga belum wajib berpuasa, tetapi tidak ada kelirunya jika Bunda mengajari anak berpuasa sejak dini. Hal ini membantu si Kecil lebih siap saat sudah wajib berpuasa nanti.

Semangat anak untuk berpuasa memang cukup tinggi, tetapi bukan hal yang mudah untuk mereka menjalaninya sampai bulan Ramadhan berakhir.

Nah, bagi Bunda yang ingin mengajari buah hatinya berpuasa Ramadhan, berikut ini terdapat tips melatih anak berpuasa sejak usia dini.

Berlatih Puasa Setengah Hari

Pastinya, si Kecil merasa kesulitan apabila secara tiba-tiba harus berpuasa selama satu hari penuh. Nah, supaya buah hati tidak kaget. Bunda bisa mengajarinya menjalankan puasa secara bertahap.

Hal ini dapat Bunda lakukan dengan mengajarinya berpuasa setengah hari lebih dulu. Si Kecil bisa belajar berpuasa setelah mereka sahur sampai jam makan siang. Biasakan puasa ini selama beberapa hari. Apabila anak sudah siap, maka Bunda bisa menambahkan durasi waktu puasanya secara bertahap.

Agar anak kuat berpuasa dan tubuhnya tidak kekurangan nutrisi, Bunda bisa memberikan makanan bergizi dan susu pertumbuhan.

Susu akan memberikan tambahan nutrisi sehingga tumbuh kembangnya berjalan optimal meskipun berpuasa. Susu tersebut bisa Bunda berikan ketika sahur, berbuka, dan malam hari.

Mencoba Puasa Jajan

Cara mengajarkan anak berpuasa yang selanjutnya adalah puasa makanan atau jajanan tertentu yang sedang anak gemari.

Misalnya, apabila buah hati sedang menyukai permen atau kue, maka ajari anak untuk tidak mengonsumsi makanan kesukaannya tersebut selama bulan Ramadhan.

Mengenalkan Makna Penting Puasa

Selain mengajarkan puasa, Bunda juga bisa memberitahu manfaat dan makna ibadah puasa yang sedang keluarga jalani. Jelaskan juga kebaikan yang ada dalam bulan puasa dan beragam hal penting lain dengan bahasa yang mudah si Kecil pahami.

Kenalkan pada hal-hal yang menjadi tradisi selama bulan puasa Ramadhan, seperti tarawih, ngabuburit, dan hal lain yang bisa membuatnya tertarik terus belajar puasa.

Menyiapkan Hidangan Kesukaan Anak untuk Berbuka

Salah satu cara untuk memotivasi dan memberikan penghargaan pada usaha anak berpuasa adalah dengan menyajikan makanan favoritnya.

Libatkan buah hati dalam proses pemilihan dan persiapan menu buka puasa. Tentunya, hal ini akan menambah semangatnya untuk menyelesaikan ibadah puasanya hari itu.

Menjadi Teladan yang Baik

Umumnya, anak akan selalu meniru kebiasaan yang orangtuanya lakukan di rumah. Nah, kesempatan ini bisa Bunda manfaatkan untuk memberikan contoh yang baik selama bulan puasa Ramadhan.

Selalu temani dan bimbing buah hati Bunda untuk memberikannya semangat agar mereka mampu mengerjakan ibadah puasa sampai selesai. Bunda merupakan madrasah pertama bagi anak. Jadilah teladan yang baik untuk si Kecil dalam hal beribadah.

Jangan paksa anak, ya Bunda. Lakukan tips melatih anak berpuasa sejak usia dini di atas secara perlahan. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink