Deretan Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Ketombe

Daftar Isi

 

bahan alami untuk menghilangkan ketombe

Inspiratips Media - Ketombe adalah masalah rambut dan kulit kepala yang sering terjadi. Masalah ini bisa terjadi karena seseorang yang jarang keramas atau kurang mampu menjaga kebersihan rambut.

Selain itu, banyak hal lain yang bisa memicu munculnya ketombe di kulit kepala. Misalnya, produksi minyak atau sebum yang berlebihan, stres, dan perubahan hormon. Bahkan, penyakit tertentu juga bisa menyebabkan masalah kulit kepala ini terjadi, seperti infeksi jamur, dermatitis seboroik, dan psoriasis.

Tidak hanya gatal, ketombe bisa mendorong adanya kerontokan rambut dan mengganggu percaya diri. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah rambut dan kulit kepala yang berketombe.

Ketombe yang berlebihan bisa menggangu aktivitasmu karena rasa gatalnya. Meskipun ketombe bukan kondisi yang sangat berbahaya. Namun, lebih baik segera kamu atasi dengan sampo anti ketombe atau bahan alami.

Berikut bahan alami untuk menghilangkan ketombe yang bisa kamu gunakan. Simak penjelasannya sampai akhir, ya!

Minyak Kelapa

Salah satu bahan alami yang sudah lama terpercaya sebagai penghilang ketombe adalah minyak kelapa. Jenis minyak yang satu ini bisa membantu melembapkan kulit kepala dan rambut. Selain itu, minyak kelapa bisa mencegah kering dan mengelupasnya kulit kepala.

Pengaplikasian minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak ke kulit kepala. Berikan sedikit pijatan secara perlahan dan diamkan kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Tidak hanya menghilangkan ketombe, minyak kelapa bisa menghaluskan dan menyuburkan rambut. Banyak manfaatnya, bukan?

Soda Kue

Kamu bisa memanfaatkan soda kue untuk mengurangi rasa gatal dan membantu mengangkat sel kulit mati atau jamur penyebab ketombe yang menumpuk di kepala. Untuk itulah, soda kue termasuk dalam bahan alami untuk menghilangkan ketombe yang bisa kamu coba.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, taburkan soda kue pada saat rambut dalam keadaan basah. Ratakan dan diamkan selama kurang lebih 1-2 menit. Kemudian, bilas dan keramas.

Lidah Buaya

Lidah buaya memang memiliki segudang manfaat bagi dunia kecantikan maupun kesehatan. Antiradang dan antijamur yang ada dalam lidah buaya bisa mengatasi peradangan di kulit kepala.

Apabila kamu ingin menghilangkan ketombe dengan lidah buaya. Kamu cukup mengoleskan gel lidah buaya atau lidah buaya segar yang sudah halus pada kulit kepala. Diamkan selama 1 jam. Agar hasilnya maksimal, kamu perlu melakukan perawatan ini dengan teratur selama beberapa minggu.

Cuka Apel

Cuka apel mengandung zat asam yang terpecaya bisa mengangkat sel kulit mati pada kepala. Sel kulit ini bisa menyebabkan muncunya ketombe, lho.

Selain itu, cuka apel bisa menyeimbangkan tingkat keasaman kulit kepala. pH yang terkontrol akan mengurangi dan menghambat jamur penyebab ketombe tumbuh.

Dalam penggunaan cuka apel sebagai bahan anti ketombe, kamu perlu mencampurkan cuka apel dengan air. Perbandingannya 1:2, artinya setengah gelas cuka apel tercampur dengan 1 gelas air.

Selanjutnya, oleskan cairan tadi di kulit kepala dengan merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Cuci rambut sampai bersih.

Selain penggunaan bahan alami di atas, kamu juga perlu melakukan cara lainnya agar lebih efektif. Alternatif lainnya, seperti mengelola stres agar ketombe tidak semakin memburuk.

Kemudian, kamu perlu melakukan pola makan yang sehat dan mencukup kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B dan omega-3. Tidak hanya itu, biasakan membersihkan rambut dengan rutin. Apalagi jika rambut sedang berminyak atau berkeringat.

Nah, itulah beberapa tips dan bahan alami untuk menghilangkan ketombe yang mengganggu. Cari tahu lebih banyak informasi menarik lainnya di Inspiratips Media. Semoga berhasil!

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink