5 Tips Mengatasi Anak Tidak Suka Minum Air Putih

Daftar Isi

tips mengatasi anak susah minum air putih

Inspiratips Media - Semua orang membutuhkan asupan air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab itu, perlu pendekatan yang tepat agar anak suka minum air putih sesuai kebutuhannya setiap hari. Terdapat studi yang menyatakan, ketika anak kehilangan 1% cairan tubuhnya, maka suhu tubuhnya meningkat dan akan merasakan haus yang berlebihan.

Jika anak kekurangan cairan terlalu banyak, maka mereka akan mengalami gejala mulut kering, kesemutan, sampai baal pada anggota gerak. Bahkan, jika buah hati kekurangan cairan sampai 10%, mereka akan kehilangan kesadaran atau berisiko meninggal.

Keadaan yang berbahaya ini harus Ayah Bunda perhatikan dengan bijak. Orangtua perlu memberikan nasihat dan motivasi secara halus untuk mengajarkan anak agar menyukai minum air putih.

Ayah Bunda jangan lupa mengimbangi kebiasaan minum air putih dengan pola makan yang sehat, olahraga secara rutin, serta tidur cukup dan berkualitas. Saat ini, masih banyak anak yang sulit menyukai air putih. Padahal kekurangan asupan cairan memiliki efek buruk bagi kesehatan anak seperti pembahasan di atas.

Oleh sebab itu, Ayah Bunda perlu melakukan tips mengatasi anak susah minum air putih berikut ini agar asupan cairan si kecil bisa tercukupi. Simak baik-baik, ya!

Bawakan Bekal

Cara yang bisa Ayah Bunda lakukan pertama, yaitu membekali buah hatinya dengan sebotol air putih ketika mereka ingin pergi ke luar rumah. Tidak mengapa jika si Kecil menyukai air putih dalam suhu tertentu.

Air putih dalam keadaan dingin atau hangat masih dapat anak konsumsi dan bisa sebagai asupan cairan sehari-hari. Selama tidak ada masalah kesehatan yang terjadi pada anak karena konsumsi dalam suhu tertentu, Bunda bisa terus memberikan air putih sesuai dengan keinginannya.

Libatkan Anak Dalam Memilih Tempat Minum

Anak akan sangat senang sekali jika mereka memiliki kesempatan untuk ikut andil menentukan barang miliknya sendiri. Dengan memilih sendiri botol sesuai dengan yang mereka sukai, anak akan lebih semangat untuk membawa air putih dengan botol tersebut kemana pun.

Selain saat membeli botol, Bunda bisa juga melibatkan anak ketika memilih gelas minum untuknya di rumah. Ketika akan minum, ijinkan buah hati untuk memilih gelasnya sendiri. Hal ini akan membuatnya lebih semangat untuk mengonsumsi air putih.

Biasakan Minum Setelah Selesai Makan

Bunda bisa mengajari si Kecil untuk minum segelas air putih setelah selesai makan. Hal ini akan menjadi sebuah kebiasaaan bagi anak.

Mereka dapat membawa kebiasaan ini sampai dewasa nanti. Cara ini dapat menjadi andalan untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan cairan anak setiap hari.

Tawarkan Minum

Anak akan malam munim air putih ketika sudah asyik bermain. Padahal, saat sedang bermain seperti ini, mereka sangat membutuhkan air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang sudah keluar lewat keringat.

Ayah Bunda wajib menawarkan air putih sesering mungkin kepada si Kecil di sela-sela waktu mainnya. Hal ini akan mencegahnya mengalami dehidrasi dan secara tidak langsung mereka akan terbiasa minum air putih ketika kelelahan bermain.

Berikan Contoh

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan contoh kepada buah hati. Ayah Bunda menjadi teladan untuk suka minum air putih bagi si Kecil di rumah. Anak memang sangat suka meniru apa yang orang dewasa lakukan.

Itulah beberapa tips mengatasi anak susah minum air putih yang bisa orangtua praktikan di rumah. Biasakan keluarga Ayah Bunda minum air putih yang cukup agar cairan tubuh tetap seimbang dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink