Hal–hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Oli Mobil di Pasaran

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa memilih oli mesin mobil yang tepat dari sekian banyaknya daftar oli mobil terbaik di pasaran, ternyata dapat memperpanjang usia komponen di dalam mesin. Bahkan, kegunaan dari oli mobil ini mampu mencegah terjadinya masalah gesekan antara logam komponen mesin, menghindari masalah keausan, melindungi komponen mesin mobil dari karat dan lain sebagainya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membeli oli mobil di pasaran sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini. 

Pilih oli mobil dengan tingkat kekentalan yang tepat

Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan baik – baik ketika akan membeli oli mobil di pasaran yakni dengan memilih oli yang memiliki tingkat kekentalan yang tepat. Umumnya, tingkat kekentalan oli mesin mobil ini dikatakan sebagai ukuran kekentalan pelumas untuk bisa mengalir pada sela – sela komponen yang dinyatakan dalam nomor – nomor SAE (Society of Automotive Engineer). Jika semakin besar angka SAE, maka pelumas oli akan lebih kental.

Pemilihan tingkat oli yang tepat penting untuk diperhatikan lantaran akan sangat berpengaruh pada performa mobil. Sebab, oli yang baik dikatakan sebagai oli yang mana memiliki tingkat kekentalan yang stabil atau dikatakan memiliki daya tahan terhadap suhu rendah maupun suhu tinggi. 

Pastikan oli mesin mobil sudah bersertifikasi

Hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli oli mesin mobil dari sekian banyaknya daftar oli mobil terbaik di pasaran yakni dengan memastikan bahwa oli mesin yang dipilih sudah bersertifikasi. Dalam hal ini, ada beberapa badan yang mana sudah mengeluarkan sertifikasi kemasan oli berkualitas di antaranya yakni seperti API, ACEA, ILSAC dan JASO.

Ketika Anda memilih oli yang sudah bersertifikasi oleh badan tersebut, maka kualitas oli mesin mobil yang dibeli nantinya sudah mendapat jaminan standar dan kualitas yang terbaik. Sehingga, hal ini akan membuat Anda lebih tenang tanpa haus khawatir mengenai kualitas oli yang ditawarkan produsen oli tersebut. 

Gunakan oli mesin mobil yang sesuai rekomendasi pabrik

Memutuskan untuk memilih oli mesin mobil di pasaran bisa Anda lakukan secara mudah dengan cara melihat buku panduan dari kendaraan roda empat itu sendiri. Dalam buku panduan mobil tersebut, biasanya sudah dijelaskan secara rinci mengenai jenis oli mesin mobil atau pelumas lain mana yang kira – kira sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

Kendati demikian, Anda juga jangan terpaku pada satu merek oli mesin mobil saja. Sebab, sekarang ini sudah banyak sekali produk oli mesin mobil yang mana menawarkan kualitas unggulan untuk meningkatkan performa kendaraan. Yang paling penting, Anda perlu memastikan pemilihan oli mesin mobil yang memang sudah sesuai dengan spesifikasi kendaraan tersebut.

Dengan memperhatikan beberapa hal penting sebelum memutuskan membeli oli mesin mobil di pasaran, maka Anda akan terbantu dalam menemukan produk oli berkualitas sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Adapun dari sekian banyaknya daftar oli mobil terbaik di pasaran, tidak ada salahnya Anda menggunakan oli mesin mobil Idemitsu yang sudah terbukti terpercaya dan unggul karena dibuat dengan menggunakan teknologi Jepang.