Menarik! Inilah Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Ada istilah ‘musik adalah bahasa universal’, artinya hampir semua orang tidak peduli suku bangsa dan bahasa bisa berkomunikasi lewat musik. Dengan musik, kamu bisa menangkap gagasan, ide, dan maksud yang ingin disampaikan oleh pembuat musik lewat nada dan iramanya.

Setiap hari kamu bisa mendengarkan musik di mana pun dan kapan pun, terlebih sudah banyak aplikasi platform musik yang tidak terbatas lagu-lagunya. Ketika jalanan macet, belajar, bekerja dan sebagainya, kamu bisa melakukan itu semua sambil mendengarkan musik.

Selain untuk hiburan atau mengisi waktu, ternyata banyak sekali manfaat mendengarkan musik atau lagu, lho! Menurut ladiestory.id, mendengarkan musik juga bermanfaat bagi kesehatan. Itu artinya, sebelum Anda ke dokter anak Blitar mungkin bisa musikan. Tidak percaya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini! 

Meningkatkan Suasana Hati

Sebuah penelitian menyatakan bahwa mendengarkan musik dengan nada ceria bisa meningkatkan suasana hati seseorang. Biasanya, untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan emosional, musik dimanfaatkan sebagai metode terapinya.

Selain itu, terapi musik juga bermanfaat untuk meningkatkan daya fokus dan memori serta menjaga kesehatan otak. 

Meningkatkan Daya Ingat

Mendengarkan lagu tertentu terkadang membuatmu mengingat suatu momen dalam hidup. Hasil studi dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa musik bisa membantu daya ingat pada orang dengan gangguan kognitif seperti Alzheimer.

Dari sebanyak 89 orang demensia tahap awal yang terlibat, kelompok yang mendengarkan musik dan bernyanyi menunjukkan daya ingat yang lebih baik. 

Mengatasi Gangguan Tidur

Menurut hasil suatu penelitian, orang yang mendengarkan musik sebelum tidur mempunyai kualitas tidur yang lebih baik dibanding yang tidak mendengarkan musik. Itu berarti, musik juga mampu mengatasi masalah gangguan tidur seperti insomnia.

Musik bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, sehingga membuat kamu mudah terlelap. Namun, sebaiknya kamu memilih musik atau alunan lagu yang ringan, seperti best part lirik misalnya. 

Mengurangi Stres

Manfaat lainnya dari mendengarkan musik adalah mengatasi atau mengurangi stres. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik akan lebih bisa mengelola atau cepat pulih dari stres yang dialami daripada orang yang tidak.

Itu karena mendengarkan musik akan mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stres yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu, musik juga bisa mengurangi gejala depresi.

Itulah beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan. Namun, jangan lupa untuk mengatur pola hidup sehat agar lebih terasa manfaatnya. Jika ingin mengetahui lirik dari lagu best part, kunjungi web dokter spesialis anak di Blitar yang juga menyajikan berita hiburan lain seperti lifestyle, fashion, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat!