Inilah Tips Meraih Beasiswa Kuliah di Korea Selatan, Tertarik?

Daftar Isi

Kuliah gratis di Korea Selatan? Bisa dong! Kamu bisa mengikuti program beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) dari pemerintah Korea untuk para mahasiswa asing. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berhasil memperoleh beasiswa luar negeri ini, mulai dari kuliah gratis sampai lulus hingga mendapatkan uang saku setiap bulannya.

Setiap negara memiliki kuota yang berbeda-beda. GKS tak hanya menyediakan program undergraduate, melainkan juga menyediakan bagi para lulusan sarjana (graduate) yang ingin melanjutkan pendidikan di Korea. Kuota program graduate biasanya lebih banyak daripada undergraduate.

Tertarik? Yuk ikuti tips mendapatkan beasiswa Global Korean Scholarship berikut ini!

Ijazah dan Transkrip Nilai Terjemahan Bahasa Inggris

Saat ingin apply beasiswa ke Korea, kamu perlu melampirkan ijazah dan transkrip nilai yang telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris atau Korea. Ketentuan nilai untuk program undergraduate, rata-rata nilai keseluruhan dari semester 1 hingga 6 minimal 80 atau masuk ranking 20% dalam satu kelas.

Sementara untuk program graduate, kamu harus memiliki nilai minimal 2,64 dari skala 4,0. Namun, ada baiknya rata-rata IPK kamu sebesar 3,0 atau lebih. 

Dokumen Kewarganegaraan yang Legal

Selain dua dokumen sebelumnya, kamu juga perlu menyiapkan akta kelahiran, kartu keluarga serta KTP yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Inggris atau Korea. Jangan lupa untuk menyertakan dokumen orang tua yang juga diterjemahkan.

Setelah itu, kamu perlu melegalisir hasil terjemahan tersebut ke notaris yang terpercaya untuk membuktikan keaslian dokumen. 

Menentukan Jurusan dan Kampus

Global Korea Schloarship mempunyai dua jalur pendaftaran, yakni jalur kedutaan (embassy) dan jalur universitas yang tentu berbeda ketentuan pemilihan jurusan dan kampusnya.

Untuk jalur kedutaan, kamu bisa memilih tiga kampus dengan tiga jurusan yang berbeda sekaligus. Namun, alangkah baiknya kamu menentukan satu jurusan di tiga kampus yang berbeda.

Dari ketiga universitas yang kamu pilih, minimal harus ada satu universitas tipe B atau universitas yang letaknya di luar Seoul. Sementara mendaftar melalui jalur universitas, kamu hanya bisa memilih satu jurusan dan satu kampus dari rumpun Natural Science dan Engineering. 

Perhatikan Penulisan Studi Plan

Studi plan yang kamu tulis terbagi menjadi dua, yakni studi plan belajar bahasa asing dan studi plan yang menjelaskan alasan kamu memilih jurusan dan kampus pilihan kamu. Tips dalam menulis studi plan ini adalah tetap realistis, gambarkan visi kamu ke depannya secara simple dan to the point. 

Menulis Surat Rekomendasi

Setiap pembukaan GKS, kamu pasti akan diminta mengisi surat rekomendasi dari orang (letter of recommendation). Penulis surat rekomendasi akan diminta untuk menggambarkan kamu secara keseluruhan, baik dalam hal track record akademik, kelebihan, kemampuan, kekurangan serta karakter kamu. Biasanya, surat rekomendasi dibuat oleh guru sekolah atau pembimbing yang mengenal kamu dengan baik.

Untuk membuat kamu semakin yakin dalam mempersiapkan tips-tips di atas, kamu bisa mengikuti bimbingan Schoters di https://www.schoters.com/id/search/courses?categoryIds%5B%5D=100. Ada banyak program bimbingan yang dapat kamu ambil untuk menyiapkan semuanya.

Namun sebelum mempersiapkan itu semua, hal paling mendasar yang perlu kamu persiapkan ialah bekal bahasa. Umumnya, standar minimal yang kamu perlukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri adalah nilai IELTS minimal 6.5. Maka bagi kamu yang sekiranya kurang di aspek bahasa atau nilai IELTS kurang, tentunya kamu wajib ikut bimbingan kebahasaan di Schoters. Kamu bisa daftar melalui laman https://www.schoters.com/id/search/courses?subCategoryIds%5B%5D=119.

Tenang saja, bimbingan persiapan beasiswa di Schoters juga sudah all in alias lengkap sehingga tidak perlu membayar biaya tambahan. Apapun yang menjadi kebutuhan mengejar beasiswa, semua bisa didapatkan di Schoters. Yuk segera join bersama Schoters!

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink