Menilik Biaya Kuliah di Turki Beserta Rincian Biaya Hidupnya

Daftar Isi

Turki dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini mengalami banyak kemajuan di berbagai bidang, seperti ekonomi, pendidikan, teknologi dan militer yang membuat negara dua benua ini mulai diperhitungkan oleh negara-negara lain di dunia. Di bidang pendidikan, dibuktikan dengan semakin pesatnya jumlah orang yang kuliah di Turki setiap tahunnya.

Menurut berbagai sumber, Turki menjadi salah satu negara yang ingin orang datangi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Mengapa demikian? Karena biaya pendidikan dan biaya hidup di sana relatif murah alias terjangkau. Simak ulasan berikut ini untuk lebih mengetahui secara detail rincian biaya pendidikan serta biaya hidup selama di Turki. 

Biaya Pendidikan Yang Sangat Murah

Mengutip dari situs Republika, seorang mahasiswa asal Indonesia mengatakan bahwa hanya membayar biaya kuliah sebesar Rp 600 ribu per semesternya. Mahasiswa Universitas Kastamonu itu juga bilang, biaya hidup di Turki kurang lebih sama dengan Jakarta, masih termasuk terjangkau.

Fakultas Kedokteran yang ada di banyak universitas dalam negeri, terkenal dengan fakultas yang biaya kuliahnya paling mahal. Namun berbeda dengan fakultas Kedokteran di Universitas Suleyman Demirel yang hanya perlu membayar biaya kuliah sekitar Rp 3,5 juta per semester.

Universitas negeri di Turki memiliki biaya kuliah yang lebih murah dibanding dengan universitas swasta. Pada program pascasarjana di kampus negeri, mahasiswa hanya perlu membayar biaya kuliah sekitar 300 USD hingga 800 USD per tahun. Lain halnya dengan program S2 di universitas swasta yang bisa mematok biaya mencapai 20 ribu USD per tahun. 

Rincian Biaya Hidup di Turki

Di Turki, kebutuhan yang paling banyak menghabiskan biaya ialah tempat tinggal. Di Kota Istanbul misalnya, untuk sewa rumah tipe 1+0 tanpa ruang tamu berkisar 500 hingga 800 lira atau sekitar Rp 1,75 juta hingga Rp 2,8 juta per bulan. Itu belum termasuk deposito yang biasanya sebesar dua bulan uang sewa atau bisa lebih murah tergantung dari permintaan pemilik rumah.

Untuk rumah tipe 1+1 (satu ruang tamu dan satu kamar), biaya sewanya sekitar 700 hingga 1.000 lira per bulan. Rumah tipe 2+1, tipe 3+1 dan 4+1 bisa lebih dari 1.000 lira per bulannya.

Selain itu, kamu juga perlu mengatur uang untuk keperluan lain, misalkan tagihan listrik, biaya gas alam, tagihan air, akses Wi-Fi dan keperluan sehari-hari yang menghabiskan biaya dalam rentang 40 hingga 125 lira per bulan. 

Sedangkan untuk biaya kuliah, kamu bisa mulai mencari beasiswa Turki agar kamu tidak terlalu terbebani membayar biaya kuliah atau kehidupan sehari-hari saat berada di sana.

Nah bagi kamu yang benar-benar tertarik untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Turki, pastikan kamu ikut bimbingan di Schoters ya! Di Platform ini kamu benar-benar akan dibimbing dalam aspek kebahasaan, skill, mentoring, hingga tips mendapatkan beasiswanya. Yukk cek di http://blog.schoters.com/beasiswa-turki-2021-turkiye-burslari/.

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink