Daftar Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2022

Daftar Isi

Banyak sekali pertimbangan yang akan membantu calon mahasiswa menentukan perguruan tinggi yang tepat. Beberapa aspeknya di antara lain biaya, lokasi, kualitas akademik, keamanan kampus, pilihan jurusan, serta faktor lain sesuai dengan preferensi setiap individu.

Setiap universitas mempunyai lingkungan yang berbeda-beda. Para calon mahasiswa yang hendak berkuliah, sebaiknya terlebih dahulu melakukan riset dan observasi dengan mengunjungi beberapa kampus yang mereka minati agar mengetahui lebih lanjut bagaimana kultur pendidikan di sana.

September lalu, lembaga pemeringkatan perguruan tinggi Times Higher Education telah merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia, yakni THE WUR (World University Rankings) 2022.

Pada pemeringkatan tahun ini, perguruan tinggi dari Amerika Serikat dan Inggris masih mendominasi Top 10 daftar universitas terbaik.THE menghimpun data dari 1.600 universitas yang berada di 99 negara untuk menyusun daftar peringkat universitas terbaik tersebut.

Pemeringkatan ini mengukur beberapa indikator dan metodologi untuk mengukur kinerja institusi dalam empat bidang, yakni pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan serta pandangan internasional.

Lebih lanjut lagi, berikut ini adalah daftar 5 universitas terbaik dunia 2022 versi dari THE WUR 2022. Simak baik-baik, ya!

Oxford University

Peringkat pertama diduduki oleh perguruan tinggi tertua bahasa Inggris, yaitu Oxford University. Oxford memperoleh total skor 95,7 poin. Untuk masing-masing bidang, universitas di Inggris ini mendapatkan skor 91,0 untuk indikator pengajaran, indikator penelitian sebesar 99,6, 98,0 untuk kutipan dan 96,3 poin untuk bidang pandangan internasional. 

California Institute of Technology

Kampus yang terletak di Pasadena, California ini berada di posisi kedua THE WUR 2022 dengan total skor 95 poin. California Institue of Technology atau sering disebut Caltech ini mendapatkan skor sebesar 93,6 untuk indikator pengajaran, indikator penelitian mendapatkan skor 96,9, 97,8 untuk kutipan dan skor sebesar 83,8 untuk indikator pandangan internasional. 

Harvard University

Peringkat ketiga diraih oleh Harvard University yang berlokasi di Massachusetts, Amerika dengan perolehan skor sebesar 95,0. Universitas bergengsi satu ini memperoleh skor 94,5 untuk indikator pengajaran, 98,9 untuk indikator penelitian, untuk kutipan mendapatkan skor sebesar 99,2, dan 79,8 untuk indikator pandangan internasional. 

Stanford University

Stanford University menduduki peringkat kelima dengan perolehan skor sebesar 94,9. Kampus yang berlokasi di Palo Alto, California dan berdiri sejak tahun 1891 ini mendapatkan skor 92,3 untuk indikator pengajaran, skor 96,8 untuk indikator penelitian, skor nyaris sempurna 99,9 untuk kutipan dan 79,7 untuk indikator pandangan internasional. 

Cambridge University

Cambridge telah berdiri sejak 1209 dan menjadi universitas terbaik kelima dengan perolehan skor sebesar 94,6. Universitas tertua kedua di dunia bahasa Inggris ini mendapatkan skor 90,9 untuk indikator pengajaran, 99,5 untuk indikator penelitian, untuk kutipan memperoleh skor sebesar 96,2 dan 95,8 untuk indikator pandangan internasional.

Karena menjadi universitas top di dunia, sudah sewajarnya persyaratan untuk masuk 5 universitas tersebut sangatlah ketat. Kamu perlu persiapan yang matang, mencari beasiswa luar negeri, penguasaan bahasa, dan prestasi-prestasi yang kamu punya.

Nah, untuk membantu kamu dalam menyiapkan itu semua, kamu bisa mengikuti bimbingan khusus Top Universities Program dari Schoters. Bimbingan ini secara khusus dirancang untuk mematangkan persiapan dan meperbesar peluang diterima di kampus-kampus unggulan dunia. Dijamin, kamu akan merasakan manfaatnya setelah join. Selengkapnya, klik https://www.schoters.com/id/providers/schoters-sOOJB/courses/oxbridge-and-ivyleague-intensive-preparation-MJRDM.

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink