Cara Mendapatkan Uang dari YouTube yang Bisa Kamu Coba

cara mendapatkan uang dari YouTube

Inspiratips Media - Sekarang ini, YouTube tak hanya menjadi sebuah platform untuk mencari video sebagai hiburan semata. Sudah banyak orang yang mencari penghasilan dan reputasi dengan menjadi seorang YouTuber, contohnya seperti Atta Halilintar, SkinnyIndonesia24, Ria Ricis, dan lain-lain. 

Ada cukup beragam cara mendapatkan uang dari YouTube, tentu harus memenuhi beberapa ketentuan. Tim pengembang platform YouTube telah menetapkan algoritma terbaik yang dapat menampilkan pilihan video yang tepat dan sesuai dengan user, namun tetap menguntungkan pemilik kanal YouTube.

Bagi Anda yang ingin menjajal menjadi seorang YouTuber, yuk simak artikel di bawah ini!

Berbagai Cara untuk Mendapatkan Uang dari YouTube

Masih banyak orang yang belum memahami untuk mendapatkan uang dari YouTube itu seperti apa. Ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan, salah satunya dengan mengaktifkan fitur monetisasi pada kanal YouTube Anda.

Nah, tersedia lima layanan monetisasi disertai syarat dan ketentuan yang berbeda yang bisa Anda coba sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube, di antaranya: 

Pendapatan Iklan (AdSense)

Layanan ini memiliki persyaratan yang paling mudah. Syaratnya ialah, pemilik kanal YouTube minimal berusia 18 tahun atau mempunyai wali sebagai pendamping untuk menangani pembayaran melalui AdSense.

YouTube tidak memberi batasan dalam menentukan topik konten video. Namun, konten yang Anda buat tidak boleh mengandung SARA, konten pornografi, kekerasan, dan sebagainya. 

Langganan Channel

Ada dua syarat untuk memanfaatkan layanan ‘langganan channel’ ini, yakni harus berusia minimal 18 tahun dan channel YouTube Anda harus memiliki lebih dari 1000 subscribers. Artinya, kanal Anda harus ada minimal seribu orang yang menekan tanda subscribers atau berlangganan agar dapat memanfaatkan fitur tersebut. 

Galeri Merchandise

Membuat galeri merchandise adalah salah satu bagian dari fitur monetisasi yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube. Fitur ini hanya tersedia jika kanal Anda telah memiliki 10.000 subscribers dan sudah berusia 18 tahun.

Anda bisa mempromosikan sebuah produk dalam video yang Anda buat, seperti kaos atau aksesoris lainnya. Namun, tetap perhatikan kualitas produk agar tak mengecewakan para subscribers Anda. 

Super Chat & Super Stickers

Fitur Super Chat dan Super Stickers ini hanya dapat digunakan ketika Anda melakukan siaran langsung atau live streaming. Kedua fitur tersebut akan aktif melalui kolom komentar yang tersedia saat premiere. Jika ada pengguna yang membeli dan menggunakan kedua fitur itu, maka pendapatan Anda juga akan langsung masuk. 

YouTube Premium

YouTube telah membuka sebuah layanan berbayar yang diberi nama YouTube Premium dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Layanan ini bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube.

Dengan layanan satu ini, Anda hanya perlu membuat konten yang dapat dinikmati para pengguna YouTube Premium. Pendapatan Anda akan ikut meningkat jika para pelanggan melakukan pembayaran ulang setiap bulannya. 

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube untuk Pemula 

Perhatikan Pembuatan Video

Sebagai pemula yang hendak menjajal cara mendapatkan uang dari Youtube, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan proses pembuatan video. Dimulai dari persiapan konsep hingga ke bagian editing dan uploading.

Alangkah baiknya, jika Anda melakukannya secara maksimal. Dengan demikian, kesan yang didapat penonton dari konten channel Anda juga akan bagus. 

Konsisten

Untuk mendapatkan penghasilan dari channel YouTube Anda, tak hanya dengan mengupload video saja. Anda perlu konsisten dalam mengembangkan channel agar berhasil dan mampu mendatangkan penghasilan yang melimpah. 

Peluang Monetisasi

Apabila kanal YouTube Anda sudah mapan dan stabil, dari segi konten atau subscribers, maka Anda bisa memulai untuk mencari peluang monetisasi untuk mendapatkan uang dari channel YouTube Anda. Selain dari monetisasi YouTube, mungkin Anda juga bisa memanfaatkan media sosial lain seperti instagram, twitter, atau facebook sebagai sarana pemasaran.