Menarik! Inilah 3 Manfaat Tanaman Porang yang Jarang Diketahui

Daftar Isi

manfaat tanaman porang

Inspiratips Media - Porang atau nama latinnya Amorphopallus muelleri merupakan tanaman herbal yang dapat tumbuh hingga ketinggian 1,5 meter. Tanaman ini merupakan penghasil umbi yang banyak tumbuh di hutan tropis. Mungkin di telinga kalian terdengar asing, tetapi tahu tidak jika tumbuhan ini kaya akan manfaat?

Tanaman porang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Secara fisik, tanaman porang tumbuh dengan corak batang berwarna belang hijau putih. Porang juga dapat dibudidayakan pada lahan terbuka. Kabar baiknya, kini mendapatkan tanaman satu ini melalui orang yang jual porang Jawa Timur sangatlah mudah.

Popularitas tanaman porang tengah meningkat belakangan ini, sehingga petani meraup keuntungan yang lebih besar karena harga yang naik tiap tahunnya. Seperti yang sudah dijelaskan, porang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh serta mudah diolah menjadi bahan pangan atau industri. 

Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Tanaman Porang

Kandungan yang ada di dalam porang menurut beberapa sumber, memiliki kaya manfaat yang baik untuk tubuh. Penasaran apa saja manfaat porang? Mari kita simak! 

Cocok untuk Diet dan Memiliki Serat

Tanaman porang bisa digunakan sebagai alternatif bahan tepung, karena memiliki kandungan glukomanan. Kandungan ini sangat penting dalam industri makanan sebab serat alaminya dapat menggantikan agar-agar.

Dilansir dari Journal of The American College of Nutrition, kandungan glukomanan dalam porang dapat menurunkan berat badan karena bekerja dengan mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. 

Bisa Mengontrol Gula Darah

Kandungan glukomanan yang ada pada porang juga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh Diabetes research and clinical practice. Penderita diabetes cocok mengonsumsi porang ini untuk membantu kontrol gula darahnya.

Penelitian dari Journal Care juga mengatakan, mengonsumsi umbi porang untuk para penderita diabetes mellitus tipe 2, dapat menurunkan kadar glukosa dan profil lemak dalam tubuh mereka. 

Dapat Menurunkan Kolesterol Tubuh

Bagi kalian yang memiliki kolesterol tinggi, tanaman porang bisa kalian konsumsi karena mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan glukomananan yang ada di dalam tanaman ini dapat menurunkan jumlah kolesterol total, trigliserida, dan LDL.

Glukomanan juga meningkatkan jumlah kolesterol yang nantinya dikeluarkan melalui feses, sehingga jumlah kolesterol dalam darah menjadi lebih sedikit.

Meskipun memiliki banyak manfaat, tanaman porang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena mengandung asam oksalat dan kristal CaOX (kalsium oksalat) yang memiliki potensi mengakibatkan rasa pahit dan gatal.

Itulah manfaat tanaman porang yang baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi ingat, olah tanaman porang dengan benar dan jangan mengonsumsi secara berlebihan agar tubuh benar-benar menyerap manfaat yang diberikan oleh tanaman herbal satu ini.

Begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari porang, rasanya tanaman satu ini bisa menjadi tanaman dengan prospek sangat baik. Karena bagi para petani porang, kini menjual tanaman satu ini bisa dengan sangat mudahnya melalui pengepul porang Jawa Timur

Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan dan memberikan tambahan referensi makanan sehat untuk Anda. Sampai jumpa pada ulasan berikutnya! Salam sehat!

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink