Melihat Keunikan Rumah Panggung Nuwo Sesat Olok Gading

Daftar Isi

Inspiratips Media - Bila kamu bosan dengan wisata tepi laut serta gunung, kamu dapat berupaya buat melancong ke Lampung, disini ada objek wisata berbentuk rumah adat tradisional nusantara. Semacam yang kita ketahui, tiap wilayah di nusantara mempunyai karakteristik khas tertentu, tidak terkecuali wujud rumah panggung yang ialah bangunan khas di warga Lampung.

Semenjak masa dulu sekali, warga Lampung membangun rumah mereka dengan wujud punggung, sebagian besar rumah panggung berbahan kayu serta berupa panggung semacam biasanya rumah di kawasan hutan tropis.

Untuk warga Lampung, rumah berupa panggung berperan selaku proteksi dari serbuan hewan semacam ular serta serangga beresiko yang lain disaat masa hujan. Di masa panen, bagian dasar rumah panggung juga bisa dijadikan selaku penyimpan hasil panen ataupun sebagian perlengkapan pertanian.

Jadi tidak hanya selaku karakteristik khas bangunan rumah warga Lampung, rumah panggung pula mempunyai guna selaku penunjang kegiatan kehidupan warga Lampung. Salah satu rumah adat nusantara yang jadi tempat wisata di Lampung merupakan rumah adat Nuwou Sesat Olok Gading.

Nuwo Sesat Olok Gading merupakan salah satu tempat wisata yang telah populer di kota Bandar Lampung yang terletak di Kampung Negara Olok Gading, Teluk Betung, Lampung. Bangunan ini guna aslinya merupakan selaku balai pertemuan adat tempat para purwatin( penyimbang) pada dikala mengadakan pepung adat( musyawarah), sebab itu balai ini pula diucap Sesat Balai Agung.

Keunikan Rumah Panggung Nuwo Sesat

Bagian bagian dari bangunan ini diucap ijan geladak( tangga masuk yang dilengkapi dengan atap), atap bangunan diucap Rurung Agung. Di dalam bangunan ini ada anjungan( serambi yang digunakan buat pertemuan kecil, pusiban( ruang dalam tempat musyawarah formal), ruang tetabuhan( tempat menaruh perlengkapan musik tradisional), serta ruang Gajah Merem( tempat rehat untuk para penyimbang). 

Perihal lain yang khas di rumah sesat ini merupakan hiasan payung- payung besar di atapnya( rurung agung), yang bercorak putih, kuning, serta merah, yang melambangkan tingkatan kepenyimbangan untuk warga tradisional Lampung Pepadun.

Secara raga, Nowou Sesat berupa rumah panggung bertiang, sebagian besar materialnya dibuat dari papan kayu. Dulu, rumah Nowou Sesat beratap anyaman ilalang, bersamaan pertumbuhan jaman, saat ini atap rumah adat ini telah memakai genting.

Arsitektur rumah panggung khas Lampung mempunyai filosofi tertentu, wujud bangunan ini merefleksikan semangat keterbukaan, kekuatan, kenyamanan serta keelokan. Tidak hanya itu, di Lampung rumah tinggal di bangun berangkat bersumber pada prinsip buway struktur sosial yang menyatu dengan teritorial. 

Seperti itu kenapa, rumah orang Lampung umumnya didirikan dekat sungai serta berjajar sejauh jalur utama yang membelah tiyuh ataupun kampung. Sebaliknya tiap tiyuh dibagi lagi dalam sebagian bagian yang diucap dinding ialah tempat berdiam buway. Bangunan sebagian buway membentuk kesatuan territorial yang diucap marga. Dalam tiap dinding ada suatu rumah klan yang besar diucap nuwou menyanak. Rumah ini selalui ditempati oleh saudara tertua yang mewarisi kekuasaan mengetuai keluarga.

Buat masuk ke dalam rumah adat Nuwou Sesat, kamu wajib menaiki anak tangga yang terletak di depan serta di sebelah samping. Tidak hanya ada ukiran, yang menjadikan keunikan rumah ini pula terletak pada bagian dasar bangunan ada tiang- tiang yang berperan selaku penyangga bangunan diatasnya. 

Lapisan papan kayu dijadikan selaku lantai, begitu pula dengan dindingnya. Konstruksi rumah yang terbuat cenderung besar dimaksudkan buat menjauhi serbuan hewan liar. Tidak hanya itu lapisan papan pada rumah adat ini bisa meminimalisir kehancuran serta sanggup bertahan apabila terjalin gempa bumi, mengingat letak provinsi Lampung terletak pada pertemuan lempeng Asia serta Australia.

Nuwo Sesat Olok Gading mempunyai energi tertarik tertentu dimata warga dekat Lampung ataupun mancanegara, disebabkan wujud artsitekturnya rumah adat ini yang khas berbentuk rumah panggung dengan sebagian besar bangunan ini memakai kayu.

Yang menjadikan Nuwo Sesat Olok Gading memiliki energi tarik turis merupakan, di rumah adat ini ada kayu- kayu yang di ukir dengan motif khas Lampung, ukiran indah nan menawan khas Lampung ini cuma dapat kita amati di Lampung.

Sampai saat ini, Nuwo Sesat Olok Gading masih terpelihara keadaan bangunannya mulai dari bagian dalam sampai luar. Didalam Nuwo Sesat Olok Gading ada perabotan- perabotan asli kepunyaan kerajaan pada masa itu. Buat melancong ke rumah adat Nuwo Sesat Olok Gading kamu cuma lumayan memohon izin kepada penjaga rumah adat.

Sehabis puas menikmati keelokan rumah adat, kamu dapat istirahat serta pesan hotel online murah di Reservasi. com yang sediakan banyak hotel di Lampung. Dikala melancong ke Lampung, aku sarankan kamu buat menginap di hotel yang telah teruji mempunyai sarana terbaik dengan harga yang terjangkau. Salah satunya merupakan Batiqa Hotel Lampung. Kamu dapat melaksanakan pembookingan serta pesan kamar secara online lewat reservasi. com. Selamat liburan ke Lampung.

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink