4 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Bisa Menjadi Simpanan di Hari Tua

Daftar Isi

Inspiratips Media - Ada beberapa rekomendasi saham jangka panjang yang bisa kamu dalami. Akan tetapi sebelum itu sebaiknya kamu bisa memahami secara umum apa itu investasi jangka panjang. Biasanya, investasi dibagi menjadi dua tujuan yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. 

Untuk investasi jangka panjang itu sendiri, biasanya para investor yang menginginkan nilai uang mereka terus mengalami kenaikan atau keuntungan di masa depan atau jangka panjang. Sebaliknya, untuk jangka pendek, para pelaku investor menginginkan keuntungan yang bisa di raih secepat mungkin. 

Sebagai dana simpanan di hari tua nanti, otomatis kamu harus bermain di investasi jangka panjang dan berikut jenis investasi yang cukup potensial di Indonesia. 

1. Emas

Sudah bukan menjadi rahasia umum kalau emas merupakan salah satu investasi yang cukup menguntungkan. Hal ini didasari oleh banyak para ahli yang mengklaim bahwa investasi emas jauh lebih stabil dari nilai mata uang. Oleh sebab itu, instrumen ini menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak dipilih oleh warga Indonesia. 

Selain itu saat ini banyak sekali lembaga yang memfasilitasi para investor baru yang ingin menginvestasikan uang mereka dalam berbagai macam bentuk emas. 

2. Properti

Mengingat harga tanah yang terus mengalami kenaikan setiap tahun, investasi properti merupakan alternatif investasi jangka panjang yang patut untuk diperhitungkan. Kamu bisa bekerja sama dengan pemilik properti tersebut atau dengan para pengembang. 

Biasanya banyak dari pembeli rumah dari pengembang properti yang dijadikan sebagai instrument investasi. Selain itu, kamu bisa menjual properti tersebut atau menyewakan kepada pengguna. 

3. Reksa Dana Saham

Jenis investasi yang satu ini menjadi instrumen yang cukup populer di kalangan generasi milenial. Secara umum ada 4 jenis reksa dana yang bisa dipilih yaitu, reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. 

Sebenarnya jenis investasi ini sama dengan investasi saham biasa, akan tetapi yang membuat reksa dana berbeda adalah pada saat kamu melakukan investasi nanti, kamu akan dibantu oleh Manajer Investasi (MI) yang sudah ahli di bidangnya dalam memilih produk saham terbaik. 

4. Tabungan Berjangka

Walaupun jenis yang satu ini bisa dikatakan kurang populer apabila dibandingkan dengan jenis yang lain akan tetapi jenis ini juga menawarkan keuntungan yang bisa kamu pertimbangkan. Jenis ini sedikit berbeda dengan jenis yang lain, cara menerapkan tabungan berjangka adalah, kamu harus menabung secara rutin dalam waktu yang sudah di sepakati bersama. 

Tabungan ini memiliki bunga yang relatif lebih tinggi oleh sebab itu apabila kamu menabung untuk jangka waktu yang lebih lama, maka keuntungan yang kamu dapatkan semakin besar. 

Selain 4 jenis investasi di atas, kamu juga bisa menginvestasikan uang kamu kepada sebuah perusahaan yang kamu nilai cukup potensial. Perusahaan yang potensial dapat di nilai dari produk yang sedang di kembangkan dan memiliki cashflow yang aman, untuk itu terkadang mereka membutuhkan jasa audit untuk mengatur cashflow mereka.

Posting Komentar

advertise
List Blog Keren Rajabacklink